Sabtu, 30 Januari 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A. Pengantar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi: identitas mata pelajaran, kompetensi dasar dan indikator, materi pokok, langkah kegiatan, alat dan media, dan penilaian. Dalam pengimplementasian pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru dituntut menyusun RPP. RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Karena itu, RPP harus memuat: tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.
Semangat dari diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah agar siswa belajar secara aktif. Pengembangan kompetensi peserta didik perlu disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Para guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sehingga memungkinkan siswa dapat berekspresi melalui kegiatan-berbagai kegiatan yang nyata, yang menyenangkan, dan yang mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal. Hanya dengan cara yang demikian, hakikat dari kehadiran seorang guru benar-benar dirasakan oleh setiap peserta didik. Apalagi- sebagaimana dikatakan Prof. Don Elly (Ahli teknologi pembelajaran dari Universitas Syracius, A.S.)- kehadiran guru adalah kesempurnaan dalam proses belajar yang tak akan tergantikan oleh media apapun.
Modul pelatihan ini diharapkan dapat membantu memperluas wawasan para guru yang mengikuti Pendidikan dan Latihan dalam mengimplementasikan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (M.I.) dengan berpedoman pada KTSP. Mengigat dalam Standar Isi (SI) dari KTSP hanya disebutkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, maka di dalam penyusunan KTSP, guru dituntut untuk secara mandiri mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sebagai indikator yang operasional dan kreatif sehingga dapat mendorong pengalaman belajar siswa menjadi bermakna. Modul ini memberikan arah dalam mengembangkan RPP supaya perencanaan pembelajaran bisa sesuai dengan tuntutan pendidikan yang diharapkan.

B. Penyusunan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran

Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun recana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialaokasikan).
2. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan (ini tidak harus dimasukkan dalam RPP karena pada dasarnya sudah ada di silabus)
3. Tujuan pembelajaran. Tujuan dapat diperoleh dari atau didasarkan pada kompetensi dasar atau indikator.
4. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
5. Langkah kegiatan. Ini merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran atau pengalaman belajar yang ada di silabus.
6. Alat dan media yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajara dalam rangka mencapai tujuan.
7. Penilaian.menyebutkan prosedur dan instrumen penilaian untuk mengetahui kemajuan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

C. Langkah-langkah penyusunan RPP
1. Mencantumkan identitas
•Nama sekolah
•Mata Pelajaran
•Kelas/Semester
•Standar Kompetensi
•Kompetensi Dasar
•Indikator
•Alokasi Waktu

Catatan:
•RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
•Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
•Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

2. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
3. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

4. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

5. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.

6. Mencantumkan Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

7. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

D. Contoh Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

M.I. : ………………………………………………………………
Mata Pelajaran : ………………………………………………………………
Kelas/Semester : ………………………………………………………………
Standar Kompetensi : ………………………………………………………………
Kompetensi Dasar : ………………………………………………………………
Indikator : ………………………………………………………………
Alokasi Waktu : ……… x menit (…………. pertemuan)

I. Tujuan Pembelajaran :
………………………………………………………………………………………………………..
II. Materi Pembelajaran :
………………………………………………………………………………………………………..
III. Metode Pembelajaran :
………………………………………………………………………………………………………..
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
………………………………………………………………………………………………………..
Pertemuan 1
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
Pertemuan 2
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
dst
V. Sumber Belajar :
………………………………………………………………………………………………………..
VI. Penilaian :
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
E. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
1. Tahapan kegiatan
Pelaksanaan pembelajaran tematik setiap hari dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembukaan/awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Alokasi waktu untuk setiap tahapan adalah kegiatan pembukaan kurang lebih satu jam pelajaran (1 x 35 menit), kegiatan inti 3 jam pelajaran (3 x 35 menit) dan kegiatan penutup satu jam pelajaran (1 x 35 menit). Alokasi waktu disesuaikan dengan bobot kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

a. Kegiatan Awal
Kegiatan ini dilakukan terutama untuk menciptakan suasana awal pembelajaran untuk mendorong siswa memfokuskan dirinya agar mampu mengikuti proses pembelajaran denagn baik. Sifat dari kegiatan awal adalah kegiatan untuk pemanasan. Pada tahap ini dapat dilakukan penggalian pengalaman anak tentang tema yang akan disajikan. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah bercerita, kegiatan fisik/jasmani dan menyanyi.

b. Kegiatan Inti
Kegiatan ini difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan baca, tulis dan hitung. Penyajian bahan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi/metode yang bervariasi dan dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, ataupun perseorangan.

c. Kegiatan Akhir
Fungsi kegiatan penutup adalah untuk menenangkan. Beberapa contoh kegiatan akhir/penutup yang dapat dilakukan adalah menyimpulkan/mengungkapkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, mendongeng, membacakan cerita dari buku, pantonim, pesan-pesan moral, musik/apresiasi musik.

2. Contoh RPP Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( TEMATIK )

Kelas/ Semester : II/ I
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : 1 Minggu
Pertemuan Ke : Minggu ke 1

I. Standar Kompetensi
1. PKn
- Kemampuan membiasakan hidup bergotong royong.
2. B. Indonesia
Mendengarkan :
- Kemampuan memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara :
- Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca :
- Kemampuan memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi.
Menulis :
- Kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
3. IPS
- Kemampuan memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologi.
4. IPA
- Kemampuan mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
5. Matematika
- Kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
- Mengapresiasi karya seni rupa (S. Rupa).
- Mengapresiasi karya seni musik (S. Musik).

II. Kompetensi Dasar
1. PKn
- Kemampuan mengenal pentingnya hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong.
2. B. Indonesia
Mendengar :
- Kemampuan menyebutkan kembali dengan kata-kata atau hal sendiri isi teks pendek.
Berbicara :
- Kemampuan bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan satuan berbahasa.
Membaca :
- Kemampuan menyimpulkan isi teks pendek (5-10 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis :
- Kemampuan melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
3. IPS
- Kemampuan memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
4. IPA
- Kemampuan mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
5. Matematika
- Kemampuan membandingkan bilangan sampai 500.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
Seni Rupa : Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa.
Seni Musik : Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.

III. Indikator
1. PKn
- Memahami arti hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
2. B. Indonesia
Mendengarkan :
- Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
Berbicara :
- Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
Membaca :
- Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Menulis :
- Melengkapi cerita tentang data diri dan keluarga dengan kata yang tepat.
3. IPS
- Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
4. IPA
- Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah dan sekolah serta kegunaannya dari hasil pengamatan.
5. Matematika
- Membilang secara urut.
- Menyebutkan banyak benda.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
Seni Rupa : Mengelompokkan berbagai jenis bidang tekstur dan bentuk ritme keseimbang kesatuan.
Seni Musik : Menentukan sumber bunyi
Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan dan tepukan.

IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjalani hidup rukun dengan teman sekelas saling berbagi dan tolong menolong.
- Siswa dapat menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek yang telah dibaca.
- Siswa dapat bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
- Siswa dapat menyimpulkan isi teks pendek (5-10 kalimat) kemudian dibacakan.
- Siswa dapat melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
- Siswa dapat memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
- Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah.
- Membandingkan bilangan sampai 500.
- Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa.
- Menyebutkan unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.

V. Materi Ajar/ Materi Pokok
- Pentingnya hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong.
- Bacaan teks pendek, anak membaca dan mengungkapkan kembali isi bacaan dengan kalimat sendiri.
- Kata tanya, apa, siapa, di mana
- Bacaan teks pendek (5-10 kalimat) anak menyimpulkan isi teks tersebut.
- Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
- Dokumen diri : akte keluarga, KTP, kartu keluarga dan koleksi benda berharga.
- Bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan rumah dan sekolah.
- Operasi hitung bilangan.
- Keragaman aneka unsur rupa dan unsur musik.
VI. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi.

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengucapkan salam dan berdoa bersama.
- Menyanyi bersama lagu “Anak kambing saya” dan “Naik-naik ke puncak gunung”

Kegiatan Inti
- Siswa menyanyi lagu anak kambing saya dan naik-naik ke puncak gunung sambil diiringi tepuk tangan.
- Siswa mempraktekkan kerjasama dan tolong menolong dalam satu kelas (lingkungan kecil).
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru sesuai isi cerita yang didengarkan.
- Siswa menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu.
- Siswa membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Siswa menulis pengalaman pribadi ke depan kelas.
- Siswa menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
- Siswa menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah dan sekolah serta kegunaannya.
- Siswa menghitung secara urut sampai 500.
- Siswa menyebutkan banyak benda (lebih sedikit, lebih besar atau sama dengan kumpulan lain).
- Siswa membuat gambar sesuai dengan illustrasinya dari berbagai jenis bidang dan tekstur.
- Siswa menyanyikan sebuah lagu “Lihat kebunku” dengan diiringi sumber bunyi gelas dan sendok.

Kegiatan Akhir
- Tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan.
- Menyanyikan lagu “Naik-naik ke puncak gunung”.
- Pemberian PR.

VIII. Alat dan Sumber
Alat : – Benda-benda di sekitar.
- Macam-macam dokumen diri (KTP, akte kelahiran).
- Gambar hewan dan bagian-bagiannya serta kegunaannya.

IX. Penilaian
- Lembar kerja.
- Pengamatan.
- Tertulis.


Lembar Kerja

1. PKn














Gambar a. gambar b.

Amatilah gambar a dan b di atas, diskusikan dengan kelompokmu dan jawablah pertanyaan di bawah ini !
a. Gambar a menunjukkan keluarga yang hidup bagaimana ?
b. Gambar b menunjukkan keluarga yang hidup bagaimana ?
c. Apa akibatnya jika keluarga hidupnya tidak rukun ?
d. Dengan semua anggota keluarga di rumah kita harus menunjukkan sikap hidup yang bagaimana ?

2. B. Indonesia


Amatilah gambar di atas !
Lalu lengkapilah bagian yang kosong dengan kata yang tepat sesuai gambar !
Doni sedang memanjat ………
Ia ingin ……..buah jambu……..
Dua temannya Fais dan Wahyu …………di bawah

3. IPS
1. Sebutkan 3 dokumen yang termasuk dokumen diri !
2. Sebutkan 3 dokumen yang termasuk dokumen keluarga !


4. IPA




Coba kalian amati gambar burung di atas dengan teliti !
1. Coba kalian sebutkan bagian-bagian utama tubuh burung !
2. Apakah fungsi paruh pada burung ?
3. Apakah fungsi sayap pada burung ?
4. Apa nama tempat tinggal burung ?

5. Matematika
1. Sebutkan secara urut bilangan mulai dari 301 sampai dengan 310 !
2. 251, ……, ……., ……., 255, 256, ….., ……., ……., 260.
3.

Sebutkan berapa jumlah gambar bunga di samping ini !


6. SBK
1. Sebutkan alat-alat yang bisa mengeluarkan sumber bunyi !
2. Kuat lemahnya bunyi dipengaruhi oleh tinggi rendahnya ……




3. Contoh Berbasis CTL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ACTIVE LEARNING/CTL

Sekolah : MTs Miftahul Huda
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/ Semester : VIII/Gasal
Pertemuan ke : I
Alokasi waktu : 2 X 40 menit
Standar kompetensi : ……………………
Kompetensi dasar : ……………………
Indikator : ……………………
Tujuan : ……………………
Pokok-pokok Materi : ………………….
Metode : …………………..
Media/Alat/Bahan/Sumber: ………
Alat Evaluasi : …………………..

Skenario Pembelajaran Model Jigsaw, sebagai berikut:
1. Materi yang dipilih adalah zakat hewan ternak zakat perdagangan (tijaroh), zakat pertanian (hasil bumi), zakat emas dan perak.
2. Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok besar
3. Pembagian kelompok berdasarkan nomor urut absensi. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang
4. Setiap kelompok bertugas berbaca dan memahami materi yang ada dalam buku panduan Mata Pelajaran
5. Setiap kelompok melakukan diskusi kecil dan merangkum hasil diskusi
6. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi kecil kelompoknya kepada kelompok lain melalui salah satu anggotanya yang dikirim pada diskusi kecil antar kelompok.
Setelah melalui proses zig zag dan masing-masing siswa terlihat dalam diskusi kecil antar kelompok, hasil dari diskusi kelompk tersebut disampaikan kepada masing-masing teman sekelompoknya.
7. Kembalikan seperti semula dalam kelompok besar untuk mengulas lagi seandainya ada masalah yang belum terpecahkan
8. Guru melempar beberapa pertanyaan untuk penjajagan pemahaman materi
9. Refleksi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A. Pengantar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi: identitas mata pelajaran, kompetensi dasar dan indikator, materi pokok, langkah kegiatan, alat dan media, dan penilaian. Dalam pengimplementasian pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru dituntut menyusun RPP. RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Karena itu, RPP harus memuat: tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.
Semangat dari diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah agar siswa belajar secara aktif. Pengembangan kompetensi peserta didik perlu disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Para guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sehingga memungkinkan siswa dapat berekspresi melalui kegiatan-berbagai kegiatan yang nyata, yang menyenangkan, dan yang mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal. Hanya dengan cara yang demikian, hakikat dari kehadiran seorang guru benar-benar dirasakan oleh setiap peserta didik. Apalagi- sebagaimana dikatakan Prof. Don Elly (Ahli teknologi pembelajaran dari Universitas Syracius, A.S.)- kehadiran guru adalah kesempurnaan dalam proses belajar yang tak akan tergantikan oleh media apapun.
Modul pelatihan ini diharapkan dapat membantu memperluas wawasan para guru yang mengikuti Pendidikan dan Latihan dalam mengimplementasikan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (M.I.) dengan berpedoman pada KTSP. Mengigat dalam Standar Isi (SI) dari KTSP hanya disebutkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, maka di dalam penyusunan KTSP, guru dituntut untuk secara mandiri mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sebagai indikator yang operasional dan kreatif sehingga dapat mendorong pengalaman belajar siswa menjadi bermakna. Modul ini memberikan arah dalam mengembangkan RPP supaya perencanaan pembelajaran bisa sesuai dengan tuntutan pendidikan yang diharapkan.

B. Penyusunan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran

Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran guru perlu menyusun recana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi:
1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialaokasikan).
2. Kompetensi dasar dan indikator yang akan dilaksanakan (ini tidak harus dimasukkan dalam RPP karena pada dasarnya sudah ada di silabus)
3. Tujuan pembelajaran. Tujuan dapat diperoleh dari atau didasarkan pada kompetensi dasar atau indikator.
4. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
5. Langkah kegiatan. Ini merupakan rincian dari kegiatan pembelajaran atau pengalaman belajar yang ada di silabus.
6. Alat dan media yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajara dalam rangka mencapai tujuan.
7. Penilaian.menyebutkan prosedur dan instrumen penilaian untuk mengetahui kemajuan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

C. Langkah-langkah penyusunan RPP
1. Mencantumkan identitas
•Nama sekolah
•Mata Pelajaran
•Kelas/Semester
•Standar Kompetensi
•Kompetensi Dasar
•Indikator
•Alokasi Waktu

Catatan:
•RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
•Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
•Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

2. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.
3. Mencantumkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

4. Mencantumkan Metode Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

5. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.

6. Mencantumkan Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

7. Mencantumkan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

D. Contoh Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD/M.I. : ………………………………………………………………
Mata Pelajaran : ………………………………………………………………
Kelas/Semester : ………………………………………………………………
Standar Kompetensi : ………………………………………………………………
Kompetensi Dasar : ………………………………………………………………
Indikator : ………………………………………………………………
Alokasi Waktu : ……… x menit (…………. pertemuan)

I. Tujuan Pembelajaran :
………………………………………………………………………………………………………..
II. Materi Pembelajaran :
………………………………………………………………………………………………………..
III. Metode Pembelajaran :
………………………………………………………………………………………………………..
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
………………………………………………………………………………………………………..
Pertemuan 1
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
Pertemuan 2
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
dst
V. Sumber Belajar :
………………………………………………………………………………………………………..
VI. Penilaian :
………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………..
E. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
1. Tahapan kegiatan
Pelaksanaan pembelajaran tematik setiap hari dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembukaan/awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Alokasi waktu untuk setiap tahapan adalah kegiatan pembukaan kurang lebih satu jam pelajaran (1 x 35 menit), kegiatan inti 3 jam pelajaran (3 x 35 menit) dan kegiatan penutup satu jam pelajaran (1 x 35 menit). Alokasi waktu disesuaikan dengan bobot kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

a. Kegiatan Awal
Kegiatan ini dilakukan terutama untuk menciptakan suasana awal pembelajaran untuk mendorong siswa memfokuskan dirinya agar mampu mengikuti proses pembelajaran denagn baik. Sifat dari kegiatan awal adalah kegiatan untuk pemanasan. Pada tahap ini dapat dilakukan penggalian pengalaman anak tentang tema yang akan disajikan. Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan adalah bercerita, kegiatan fisik/jasmani dan menyanyi.

b. Kegiatan Inti
Kegiatan ini difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pengembangan kemampuan baca, tulis dan hitung. Penyajian bahan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi/metode yang bervariasi dan dapat dilakukan secara klasikal, kelompok kecil, ataupun perseorangan.

c. Kegiatan Akhir
Fungsi kegiatan penutup adalah untuk menenangkan. Beberapa contoh kegiatan akhir/penutup yang dapat dilakukan adalah menyimpulkan/mengungkapkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan, mendongeng, membacakan cerita dari buku, pantonim, pesan-pesan moral, musik/apresiasi musik.

2. Contoh RPP Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( TEMATIK )

Kelas/ Semester : II/ I
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : 1 Minggu
Pertemuan Ke : Minggu ke 1

I. Standar Kompetensi
1. PKn
- Kemampuan membiasakan hidup bergotong royong.
2. B. Indonesia
Mendengarkan :
- Kemampuan memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara :
- Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca :
- Kemampuan memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi.
Menulis :
- Kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
3. IPS
- Kemampuan memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologi.
4. IPA
- Kemampuan mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
5. Matematika
- Kemampuan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
- Mengapresiasi karya seni rupa (S. Rupa).
- Mengapresiasi karya seni musik (S. Musik).

II. Kompetensi Dasar
1. PKn
- Kemampuan mengenal pentingnya hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong.
2. B. Indonesia
Mendengar :
- Kemampuan menyebutkan kembali dengan kata-kata atau hal sendiri isi teks pendek.
Berbicara :
- Kemampuan bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan satuan berbahasa.
Membaca :
- Kemampuan menyimpulkan isi teks pendek (5-10 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis :
- Kemampuan melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
3. IPS
- Kemampuan memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
4. IPA
- Kemampuan mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
5. Matematika
- Kemampuan membandingkan bilangan sampai 500.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
Seni Rupa : Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa.
Seni Musik : Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.

III. Indikator
1. PKn
- Memahami arti hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
2. B. Indonesia
Mendengarkan :
- Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
Berbicara :
- Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
Membaca :
- Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Menulis :
- Melengkapi cerita tentang data diri dan keluarga dengan kata yang tepat.
3. IPS
- Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
4. IPA
- Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah dan sekolah serta kegunaannya dari hasil pengamatan.
5. Matematika
- Membilang secara urut.
- Menyebutkan banyak benda.
6. Seni Budaya dan Keterampilan
Seni Rupa : Mengelompokkan berbagai jenis bidang tekstur dan bentuk ritme keseimbang kesatuan.
Seni Musik : Menentukan sumber bunyi
Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan dan tepukan.

IV. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjalani hidup rukun dengan teman sekelas saling berbagi dan tolong menolong.
- Siswa dapat menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek yang telah dibaca.
- Siswa dapat bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat.
- Siswa dapat menyimpulkan isi teks pendek (5-10 kalimat) kemudian dibacakan.
- Siswa dapat melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
- Siswa dapat memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
- Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah.
- Membandingkan bilangan sampai 500.
- Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa.
- Menyebutkan unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.

V. Materi Ajar/ Materi Pokok
- Pentingnya hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong.
- Bacaan teks pendek, anak membaca dan mengungkapkan kembali isi bacaan dengan kalimat sendiri.
- Kata tanya, apa, siapa, di mana
- Bacaan teks pendek (5-10 kalimat) anak menyimpulkan isi teks tersebut.
- Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
- Dokumen diri : akte keluarga, KTP, kartu keluarga dan koleksi benda berharga.
- Bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan rumah dan sekolah.
- Operasi hitung bilangan.
- Keragaman aneka unsur rupa dan unsur musik.
VI. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, demonstrasi.

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Mengucapkan salam dan berdoa bersama.
- Menyanyi bersama lagu “Anak kambing saya” dan “Naik-naik ke puncak gunung”

Kegiatan Inti
- Siswa menyanyi lagu anak kambing saya dan naik-naik ke puncak gunung sambil diiringi tepuk tangan.
- Siswa mempraktekkan kerjasama dan tolong menolong dalam satu kelas (lingkungan kecil).
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru sesuai isi cerita yang didengarkan.
- Siswa menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu.
- Siswa membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Siswa menulis pengalaman pribadi ke depan kelas.
- Siswa menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
- Siswa menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah dan sekolah serta kegunaannya.
- Siswa menghitung secara urut sampai 500.
- Siswa menyebutkan banyak benda (lebih sedikit, lebih besar atau sama dengan kumpulan lain).
- Siswa membuat gambar sesuai dengan illustrasinya dari berbagai jenis bidang dan tekstur.
- Siswa menyanyikan sebuah lagu “Lihat kebunku” dengan diiringi sumber bunyi gelas dan sendok.

Kegiatan Akhir
- Tanya jawab tentang materi yang telah diajarkan.
- Menyanyikan lagu “Naik-naik ke puncak gunung”.
- Pemberian PR.

VIII. Alat dan Sumber
Alat : – Benda-benda di sekitar.
- Macam-macam dokumen diri (KTP, akte kelahiran).
- Gambar hewan dan bagian-bagiannya serta kegunaannya.

IX. Penilaian
- Lembar kerja.
- Pengamatan.
- Tertulis.


Lembar Kerja

1. PKn














Gambar a. gambar b.

Amatilah gambar a dan b di atas, diskusikan dengan kelompokmu dan jawablah pertanyaan di bawah ini !
a. Gambar a menunjukkan keluarga yang hidup bagaimana ?
b. Gambar b menunjukkan keluarga yang hidup bagaimana ?
c. Apa akibatnya jika keluarga hidupnya tidak rukun ?
d. Dengan semua anggota keluarga di rumah kita harus menunjukkan sikap hidup yang bagaimana ?

2. B. Indonesia


Amatilah gambar di atas !
Lalu lengkapilah bagian yang kosong dengan kata yang tepat sesuai gambar !
Doni sedang memanjat ………
Ia ingin ……..buah jambu……..
Dua temannya Fais dan Wahyu …………di bawah

3. IPS
1. Sebutkan 3 dokumen yang termasuk dokumen diri !
2. Sebutkan 3 dokumen yang termasuk dokumen keluarga !


4. IPA




Coba kalian amati gambar burung di atas dengan teliti !
1. Coba kalian sebutkan bagian-bagian utama tubuh burung !
2. Apakah fungsi paruh pada burung ?
3. Apakah fungsi sayap pada burung ?
4. Apa nama tempat tinggal burung ?

5. Matematika
1. Sebutkan secara urut bilangan mulai dari 301 sampai dengan 310 !
2. 251, ……, ……., ……., 255, 256, ….., ……., ……., 260.
3.

Sebutkan berapa jumlah gambar bunga di samping ini !


6. SBK
1. Sebutkan alat-alat yang bisa mengeluarkan sumber bunyi !
2. Kuat lemahnya bunyi dipengaruhi oleh tinggi rendahnya ……




3. Contoh Berbasis CTL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ACTIVE LEARNING/CTL

Sekolah : MTs Miftahul Huda
Mata pelajaran : Fiqih
Kelas/ Semester : VIII/Gasal
Pertemuan ke : I
Alokasi waktu : 2 X 40 menit
Standar kompetensi : ……………………
Kompetensi dasar : ……………………
Indikator : ……………………
Tujuan : ……………………
Pokok-pokok Materi : ………………….
Metode : …………………..
Media/Alat/Bahan/Sumber: ………
Alat Evaluasi : …………………..

Skenario Pembelajaran Model Jigsaw, sebagai berikut:
1. Materi yang dipilih adalah zakat hewan ternak zakat perdagangan (tijaroh), zakat pertanian (hasil bumi), zakat emas dan perak.
2. Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok besar
3. Pembagian kelompok berdasarkan nomor urut absensi. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang
4. Setiap kelompok bertugas berbaca dan memahami materi yang ada dalam buku panduan Mata Pelajaran
5. Setiap kelompok melakukan diskusi kecil dan merangkum hasil diskusi
6. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi kecil kelompoknya kepada kelompok lain melalui salah satu anggotanya yang dikirim pada diskusi kecil antar kelompok.
Setelah melalui proses zig zag dan masing-masing siswa terlihat dalam diskusi kecil antar kelompok, hasil dari diskusi kelompk tersebut disampaikan kepada masing-masing teman sekelompoknya.
7. Kembalikan seperti semula dalam kelompok besar untuk mengulas lagi seandainya ada masalah yang belum terpecahkan
8. Guru melempar beberapa pertanyaan untuk penjajagan pemahaman materi
9. Refleksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar