ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1
(APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
1. Nama Mahasiswa : Kisno
2. NPM : 0613053037
3. Tempat Mengajar/Ujian : SD N 1 Metro Utara
4. Kelas : IV (Empat)
5. Mata Pelajaran : IPS
6. Waktu : 2 x 35 Menit
7. Tanggal : 15 Januari 2010
Petunjuk :
Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
No | Indikator/Aspek yang dinilai | SKOR | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan | | | | | |
1.1 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan krikulum GBPP | | | | | | |
1.2 Merumuskan tujuan khusus | | | | | | |
Rata-rata butir 1 = A | | |||||
2. | Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar | | | | | |
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan pembelajaran | | | | | | |
2.2 Menentukan dan mengambangkan alat bantu pembelajaran | | | | | | |
2.3 memilih sumber belajar | | | | | | |
Rata-rata butir 2 = B | | |||||
3. | Merencanakan skenario pembelajaran | | | | | |
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran | | | | | | |
3.2 Menyusun langkah-langkah pembelajaran | | | | | | |
3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran | | | | | | |
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa | | | | | | |
3.5 Menyiapkan pertanyaan | | | | | | |
Rata-rata butir 3 = C | | |||||
4. | Merancang pengelolaan kelas | | | | | |
4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar | | | | | | |
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran | | | | | | |
Rata-rata butir 4 = D | | |||||
5. | Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian | | | | | |
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian | | | | | | |
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban | | | | | | |
Rata-rata butir 5 = E | | |||||
6. | Tampilan dokumen rencana pembelajaran | | | | | |
6.1 Kebersihan dan kerapian | | | | | | |
6.2 Penggunaan bahasa tulis | | | | | | |
Rata-rata butir 6 = f | |
Keterangan: 1=kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup, 4=baik, 5=baik sekali
Nilai APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E + F = ...........
6
R = .........+ ..........+ ..........+ ...........+ ............+ ...........
6
R = ..................
Metro, 15 Januari 2010
Mahasiswa Praktikkan
Kisno
NPM 0613053037
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Pamong
Hj. Kuswinarti, S.Pd.I M.Sulistyoningsih, A.Ma
NIP195908151979122004 NIP.................................
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2
(APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
1. Nama Mahasiswa : Kisno
2. NPM : 0613053037
3. Tempat Mengajar/Ujian : SD N 1 Metro Utara
4. Kelas : IV (Empat)
5. Mata Pelajaran : IPS
6. Waktu : 2 x 35 Menit
7. Tanggal : 15 Januari 2010
Petunjuk :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir ke-5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
5. Nilailah aspek kemampuan guru
No | Indikator/Aspek yang dinilai | SKOR | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran | | | | | |
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar | | | | | | |
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas | | | | | | |
Rata-rata butir 1 = P | | |||||
2. | Melaksanakan kegiatan pembelajaran | | | | | |
2.1 Memulai pembelajaran | | | | | | |
2.2 Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan. | | | | | | |
2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan | | | | | | |
2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis | | | | | | |
2.4 Melaksanakan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal | | | | | | |
2.5 Mengelola waktu pembelajaran secara efisien | | | | | | |
Rata-rata butir 2 = Q | | |||||
3. | Mengelola interaksi kelas | | | | | |
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan Isi pembelajaran | | | | | | |
3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa | | | | | | |
3.3 Menggunakan eksperimen lisan, tulisan, isyarat dan gerakan badan | | | | | | |
3.4 Memantapkan penugasan materi pembelajaran | | | | | | |
3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran | | | | | | |
Rata-rata 3 = R | | | | | | |
4. | Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar | | | | | |
4.1 Menunjukan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada siswa | | | | | | |
4.2 Menunjukan kegairahan dalam mengajar | | | | | | |
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan Serasi | | | | | | |
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan | | | | | | |
4.5 Membantu siswa | | | | | | |
Rata-rata Butir 5 = S | | | | | | |
5. | Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu | | | | | |
| a. Bahasa Indonesia | | | | | |
5.1 Mendemosntrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia | | | | | | |
5.2 Mengembangkan kemampuan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar | | | | | | |
5.3 Memberikan latihan keterampilan berbahasa | | | | | | |
5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis | | | | | | |
5.5 Memupuk kegemaran membaca | | | | | | |
Rata-rata 5a = T | | | | | | |
| b. IPS | | | | | |
5.1 Menanamkan konsep IPS melalui metode bervariasi dengan karakteristik materi | | | | | | |
5.2 Menguasai simbol-simbol IPS | | | | | | |
5.3 Memberikan latihan IPS dalam kehidupan sehari- Hari | | | | | | |
5.4 Menguasai materi IPS | | | | | | |
| Rata-rata 5b = T | | | | | |
| c. IPA | | | | | |
5.1 Membuktikan konsep IPA melalui pengamatan langsung terhadap objek yang dipelajari | | | | | | |
5.2 Menggunakan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan | | | | | | |
5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran | | | | | | |
5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA dalam memilih alat peraga | | | | | | |
5.5 Menerapkan konsepIPA dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | |
5.6 Menampilkan penguasaan IPA | | | | | | |
| Rata-rata 5c = T | | | | | |
d. IPS | | | | | | |
5.1 Mengembangkan pemahaman konsep IPS terpadu | | | | | | |
5.2 Mengembangkan pemahaman konsep waktu | | | | | | |
5.3 Mengembangkan pemahaman konsep ruang | | | | | | |
5.4 Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity) | | | | | | |
Rata-rata 5d = T | | | | | | |
| e. PKn | | | | | |
5.1 Kemahiran menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan | | | | | | |
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PKn | | | | | | |
5.3 Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam PKn | | | | | | |
5.4 Penguasaan materi Pkn | | | | | | |
5.5 Menerapkan konsep PKn dalam kehidupan sehari-hari | | | | | | |
| Rata-rata 5e = T | | | | | |
| f. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | | | | | |
5.1 Menkoordinasikan latihan | | | | | | |
5.2 Memberikan contoh gerakan | | | | | | |
5.4 Membimbing siswa melakukan gerakan dan mengoreksi kesalahan gerakan siswa | | | | | | |
5.4 Memberikan pertolongan kepada siswa | | | | | | |
5.5 Memberikan aba-aba | | | | | | |
| Rata-rata 5f = T | | | | | |
| g. Kesenian | | | | | |
5.1 Membimbing siswa dalam mengungkapkan ide/perasaan/pikiran melalui media seni | | | | | | |
5.2 Mengembangkan kreatifitas membangun rasa keindahan siswa | | | | | | |
5.3 Mendemonstrasikan atau membimbing siswa dalam melatih keterampilan berkesenian | | | | | | |
5.4 Mengelola pembelajaran yang mengkaitkan berbagai media seni dan/media seni dengan mata pelajaran lain | | | | | | |
| Rata-rata 5g = T | | | | | |
6. | Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar | | | | | |
6.1 Melaksanakan penilaian proses selama pembelajaran | | | | | | |
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pmbelajaran | | | | | | |
| Rata-rata Butir 6 = U | | | | | |
7. | Kesan umum pelaksanaan pembelajaran | | | | | |
| 7.1 Keefektifan proses pembelajaran | | | | | |
| 7.2 Penggunaan bahasa Indoesia lisan | | | | | |
| 7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa | | | | | |
| 7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran | | | | | |
| Rata-rata Butir 7 = V | | | | | |
| | | | | | |
Keterangan: 1=kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup, 4=baik, 5=baik sekali
NILAI APKG 2 = K
K = P + Q + R + S + T + U + V
7
K = ......+ ...... + ........+ ........+ ........+ ............+ ...........
7
K = ........
7
K = ........
Metro, 15 Januari 2010
Mahasiswa Praktikkan
Kisno
NPM 0613053037
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Pamong
Hj. Kuswinarti, S.Pd.I M.Sulistyoningsih, A.Ma
NIP195908151979122004 NIP...................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar