Sabtu, 30 Januari 2010

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1 (APKG 1)

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 1

(APKG 1)

LEMBAR PENILAIAN

KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN


1. Nama Mahasiswa : Kisno

2. NPM : 0613053037

3. Tempat Mengajar/Ujian : SD N 1 Metro Utara

4. Kelas : IV (Empat)

5. Mata Pelajaran : IPS

6. Waktu : 2 x 35 Menit

7. Tanggal : 15 Januari 2010

Petunjuk :

Baca dengan cermat rencana pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.

No

Indikator/Aspek yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1.

Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan






1.1 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan krikulum GBPP






1.2 Merumuskan tujuan khusus






Rata-rata butir 1 = A


2.

Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar






2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan pembelajaran






2.2 Menentukan dan mengambangkan alat bantu pembelajaran






2.3 memilih sumber belajar






Rata-rata butir 2 = B


3.

Merencanakan skenario pembelajaran






3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran






3.2 Menyusun langkah-langkah pembelajaran






3.3 Menentukan alokasi waktu pembelajaran






3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa






3.5 Menyiapkan pertanyaan






Rata-rata butir 3 = C


4.

Merancang pengelolaan kelas






4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar






4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat

berpartisipasi dalam pembelajaran






Rata-rata butir 4 = D


5.

Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian






5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian






5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban






Rata-rata butir 5 = E


6.

Tampilan dokumen rencana pembelajaran






6.1 Kebersihan dan kerapian






6.2 Penggunaan bahasa tulis






Rata-rata butir 6 = f


Keterangan: 1=kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup, 4=baik, 5=baik sekali


Nilai APKG 1 = R

R = A + B + C + D + E + F = ...........

6

R = .........+ ..........+ ..........+ ...........+ ............+ ...........

6

R = ..................

Metro, 15 Januari 2010

Mahasiswa Praktikkan

Kisno

NPM 0613053037

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Pamong

Hj. Kuswinarti, S.Pd.I M.Sulistyoningsih, A.Ma

NIP195908151979122004 NIP.................................

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU 2

(APKG 2)

LEMBAR PENILAIAN

KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN


1. Nama Mahasiswa : Kisno

2. NPM : 0613053037

3. Tempat Mengajar/Ujian : SD N 1 Metro Utara

4. Kelas : IV (Empat)

5. Mata Pelajaran : IPS

6. Waktu : 2 x 35 Menit

7. Tanggal : 15 Januari 2010

Petunjuk :

1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa

3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.

4. Khusus untuk butir ke-5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan

5. Nilailah aspek kemampuan guru

No

Indikator/Aspek yang dinilai

SKOR

1

2

3

4

5

1.

Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran






1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar






1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas






Rata-rata butir 1 = P


2.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran






2.1 Memulai pembelajaran






2.2 Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan.






2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan






2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis






2.4 Melaksanakan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal






2.5 Mengelola waktu pembelajaran secara efisien






Rata-rata butir 2 = Q


3.

Mengelola interaksi kelas






3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan

Isi pembelajaran






3.2 Menangani pertanyaan dan respon siswa






3.3 Menggunakan eksperimen lisan, tulisan, isyarat dan

gerakan badan






3.4 Memantapkan penugasan materi pembelajaran






3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran






Rata-rata 3 = R






4.

Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar






4.1 Menunjukan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh

pengertian, dan sabar kepada siswa






4.2 Menunjukan kegairahan dalam mengajar






4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan

Serasi






4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan






4.5 Membantu siswa






Rata-rata Butir 5 = S






5.

Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu







a. Bahasa Indonesia






5.1 Mendemosntrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia






5.2 Mengembangkan kemampuan kemampuan siswa untuk

berkomunikasi dan bernalar






5.3 Memberikan latihan keterampilan berbahasa






5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis






5.5 Memupuk kegemaran membaca






Rata-rata 5a = T







b. IPS






5.1 Menanamkan konsep IPS melalui metode

bervariasi dengan karakteristik materi






5.2 Menguasai simbol-simbol IPS






5.3 Memberikan latihan IPS dalam kehidupan sehari-

Hari






5.4 Menguasai materi IPS







Rata-rata 5b = T







c. IPA






5.1 Membuktikan konsep IPA melalui pengamatan langsung terhadap objek yang dipelajari






5.2 Menggunakan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan






5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran






5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA dalam memilih alat peraga






5.5 Menerapkan konsepIPA dalam kehidupan sehari-hari






5.6 Menampilkan penguasaan IPA







Rata-rata 5c = T






d. IPS






5.1 Mengembangkan pemahaman konsep IPS terpadu






5.2 Mengembangkan pemahaman konsep waktu






5.3 Mengembangkan pemahaman konsep ruang






5.4 Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)






Rata-rata 5d = T







e. PKn






5.1 Kemahiran menggunakan metode dan alat bantu dalam

pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan






5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses

pembelajaran PKn






5.3 Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam PKn






5.4 Penguasaan materi Pkn






5.5 Menerapkan konsep PKn dalam kehidupan sehari-hari







Rata-rata 5e = T







f. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan






5.1 Menkoordinasikan latihan






5.2 Memberikan contoh gerakan






5.4 Membimbing siswa melakukan gerakan dan mengoreksi kesalahan gerakan siswa






5.4 Memberikan pertolongan kepada siswa






5.5 Memberikan aba-aba







Rata-rata 5f = T







g. Kesenian






5.1 Membimbing siswa dalam mengungkapkan ide/perasaan/pikiran melalui media seni






5.2 Mengembangkan kreatifitas membangun rasa keindahan siswa






5.3 Mendemonstrasikan atau membimbing siswa dalam melatih keterampilan berkesenian






5.4 Mengelola pembelajaran yang mengkaitkan berbagai media seni dan/media seni dengan mata pelajaran lain







Rata-rata 5g = T






6.

Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar






6.1 Melaksanakan penilaian proses selama pembelajaran






6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pmbelajaran







Rata-rata Butir 6 = U






7.

Kesan umum pelaksanaan pembelajaran







7.1 Keefektifan proses pembelajaran







7.2 Penggunaan bahasa Indoesia lisan







7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa







7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran







Rata-rata Butir 7 = V













Keterangan: 1=kurang sekali, 2=kurang, 3=cukup, 4=baik, 5=baik sekali


NILAI APKG 2 = K

K = P + Q + R + S + T + U + V

7

K = ......+ ...... + ........+ ........+ ........+ ............+ ...........

7

K = ........

7

K = ........

Metro, 15 Januari 2010

Mahasiswa Praktikkan

Kisno

NPM 0613053037

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Pamong

Hj. Kuswinarti, S.Pd.I M.Sulistyoningsih, A.Ma

NIP195908151979122004 NIP...................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar