Sabtu, 30 Januari 2010

JARINGAN KD/INDIKATOR

JARINGAN KD/INDIKATOR
































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: HIDUP HEMAT

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALKS WAKTU SARANA DAN SUMBER PENILAIAN

1 3 4 5 6 7

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mengenal pentingnya hidup hemat.
• Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
• Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
• Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya menghemat listrik, alat tulis, uang).
• Menceritakan pengalaman hidup hemat. • Mendiskusikan cara hidup hemat.
• Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
• Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
• Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
• Meneceritakan pengalaman hidup hemat. 2 minggu  Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam,, Matematika dan Orjaskes.
 Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas IIA.
 Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA, IPS dan Matematika.
 Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.
 Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
 Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK, SD/MI.
 Penilaian Obyektif.
 Penilaian Subeyktif.
 Penilaian Lisan.
 Penilaian Unjuk Kerja.
 Penilaian Produk.
 Penilaian Portofolio.
 Penilaian Tingkah laku.
 Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
 Mencatat aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan.
 Mengamati aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
 Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita .
IPS
Memelihara koleksi benda berharga miliknya.
• Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
• Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
• Bertanya jawab tentang koleksi untuk berhemat.
• Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
• Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
• Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
• Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
• Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
• Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
• Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
• Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
• Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
• Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
• Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
• Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
• Menjawab pertanyaan tentang isi teks .
• Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
• Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
• Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.

ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair).
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
• Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga.
• Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
• Bekerjasama dengan teman.
• Memberi tanggapan secara santun.
• Mengungkapkan gagasan secara lisan.
• Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.

• Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga.
• Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
• Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
• Bekerjasama dengan teman.
• Memberi tanggapan secara santun.
• Mengungkapkan gagasan secara lisan.
• Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.

MATEMATIKA
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat.
• Membilang secara urut.
• Menyebutkan banyak benda.
• Menulis lambang bilangan dengan benar. • Membilang secara urut.
• Menyebutkan banyak benda.
• Menulis lambang bilangan dengan benar.
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
• Melakukan permainan bersama pasangan
• Mengalahkan lawan/pasangan denagn menginjak balon lebih dulu.
SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
• Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
• Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
• Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
• Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
• Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
• Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
• Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
• Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.


RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 1, 2, 3, dan 4
TEMA : HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)

I. KOMPETENSI DASAR
 Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
 Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
 Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
 Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
 Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
 Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
 Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
 Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
 Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


II. INDIKATOR
 Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
 Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
 Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
 Menceritakan pengalaman hidup hemat.
 Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
 Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
 Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
 Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
 Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
 Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
 Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
 Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
 Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
 Membilang secara urut (Mat).
 Menyebutkan banyak benda.
 Menulis lambang bilangan dengan benar.
 Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
 Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
 Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
 Bekerjasama dengan teman.
 Memberi tanggapan secara santun.
 Mengungkapkan gagasan secara lisan.
 Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
 Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
 Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
 Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
 Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.


III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
 Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
 Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
 Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).

2. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta mengamati gambar di hal 1, dan bertanya jawab tentang uang saku setiap hari, dan apa yang dilakukan jika ada kelebihan uang jajannya.
2) Bertanya jawab apakah siswa memiliki tabungan (di rumah, di sekolah atau di Bank) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA)
3) Meminta siswa untuk mengamati gambar di hal 2 dan menugaskan siswa membaca teks secara bergantian. Dikaitkan dengan bekal siswa yang di bawa dari rumah
4) Bertanya jawab tentang kesan/perasaan siswa setelah naik kelas 2. Memanggil salah satu siswa yang berani untuk bercerita tentang hal tersebut.
5) Bertanya jawab secara klasikal (apakah setelah naik di kelas dua, uang sakunya juga naik.?),
 apakah ada anak yang suka membawa bekal (kue, nasi atau yang lain) dari rumah
 atau lebih suka membawa uang saja? (bisa dibahas secara kelompok) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
6) Guru menjelaskan tentang pengertian hidup hemat, dan kebiasaan menabung baik di rumah, sekolah maupun di bank (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
7) Siswa diminta mengamati gambar di hal 3 kemudian menugaskan siswa untuk membaca wacananya secara bergantian.
8) Guru menerangkan tentang cara menabung, (di rumah, di celengan, di sekolah, melalui tabungan sekolah, dan di bank dengan menggunakan buku tabungan) serta kegunaannya, dan siswa diminta untuk mencatat di bukunya masing-masing) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
9) Bertanya jawab (siapa yang sudah memiliki tabungan) dan meminta siswa untuk bercerita kepada temannya.
10) Guru bercerita tentang kehidupan lebah madu yang memiliki kebiasaan/perilaku menabung.
11) Menugaskan siswa untuk berkelompok (dengan teknik mencari pasangan): disiapkan kartu berisi gambar-gambar dan tulisan antara lain:
 1 gambar uang
 2 gambar celengan
 3 gambar bank
 4 gambar mainan
 tulisan uang
 tulisan celengan
 tulisan bank
 tulisan mainan
12) Semua siswa maju satu persatu untuk mengambil salah satu gambar atau tulisan sambil berdinamika menyanyi lagu bang bing bung.
13) Selanjutnya meminta mereka untuk mengamati di hal 4, kemudian menugaskan mereka untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan menabung di rumah/celengan/lemari, atau di Bank. Hasil diskusi dicatat dan dilaporkan (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
14) Bertanya jawab tentang macam-macam mainan yang dimiliki siswa,
 bagaimana kalau ada mainan baru?
 apakah selalu minta dibelikan?
 bagaimana jika ada mainan yang rusak?
 apakah dibuang atau diperbaiki?
15) Semua kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan (kelompok teman sebangku).
16) Bertanya jawab dengan siswa secara klasikal tentang kegiatan yang dilakukan pada hari minggu (apakah nonton TV, membantu orangtua? Jalan-jalan dsb) meminta siswa untuk bercerita tentang hal tersebut di depan kelas. (BI, PKn, IPS, MAT, IPA). Bertanya jawab berapa lama jika siswa menonton TV, dan apa yang dilakukan apabila dia ingin bermain diluar.
17) Bertanya jawab tentang pemakaian listrik di rumah (mematikan lampu apabila tidak digunakan, memakai air secukupnya dll) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
18) Meminta siswa untuk bercerita dengan teman sebangku tentang cara/kebiasaan menghemat energi di rumah.
19) Guru menjelaskan tentang macam-macam sumber energi (matahari, air, batubara, minyak bumi, gas bumi, bahan makanan) (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
20) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3. Kegiatan Akhir/Penutup
 Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
 Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
 Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
 Lingkungan keluarga dan sekolah.
 Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
 Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V. PENILAIAN
 Penilaian Lisan (dalam proses).
 Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
 Penilaian Produk.
 Penilaian Portofolio.
 Penilaian Tertulis Obyektif.
 Penilaian Tertulis Subyektif.
 Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).


Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2























































RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 5, 6, 7, dan 8

TEMA : HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
 Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
 Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
 Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
 Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
 Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
 Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
 Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
 Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
 Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

II. INDIKATOR
 Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
 Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
 Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
 Menceritakan pengalaman hidup hemat.
 Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
 Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
 Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
 Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
 Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
 Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
 Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
 Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
 Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
 Membilang secara urut (Mat).
 Menyebutkan banyak benda.
 Menulis lambang bilangan dengan benar.
 Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
 Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
 Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
 Bekerjasama dengan teman.
 Memberi tanggapan secara santun.
 Mengungkapkan gagasan secara lisan.
 Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
 Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
 Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
 Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
 Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.

III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
 Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
 Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
 Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).

2. Kegiatan Inti
1) Mengajak siswa mengamati gambar (peralatan rumah tangga).
2) Bertanya jawab tentang alat rumah tangga.
3) Menugaskan siswa mencatat peralatan rumah tangga yang dapat menghasilkan panas, bunyi dan cahaya.
4) Menugaskan siswa sehari sebelumnya, untuk membawa kunyit, blender (bisa juga alat tumbuk), dan saringan (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
5) Bersama siswa mempraktekan cara membuat warna alami dengan menggunakan kunyit (Lihat halaman 8 Ekspresikan dirimu).
6) Bertanya jawab tentang bahan alami apa saja yang dapat menghasilkan warna.
7) Menceritakan pada siswa tentang warna alami dan pewarna buatan.
8) Menugaskan siswa menggambar dan mewarnai dengan menggunakan pewarna alami atau buatan.
9) Mengajak siswa untuk bernyanyi bersama dengan melihat teks di hal.9 (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
10) Menjelaskan pada siswa tentang sumber bunyi di sekitar kita (BI, PKn, IPS, MAT, IPA, ORJAS).
11) Mengajak siswa untuk menghasilkan bunyi yang kuat dan lemah melalui tepukan. (dengan tepuk Pramuka suara keras, sedang dan lemah).
12) Mengajak kembali siswa untuk bernyanyi dengan bertepuk tangan dan menggerakan badan.
13) Siswa dibagi berkelompok (dengan teknik berpikir berpasangan) caranya:
 guru menginformasikan materi yang akan didiskusikan
 siswa diberi kesempatan memikirkan materi yang dibahas
 menugaskan semua siswa untuk berpasangan
 setiap pasangan melaporkan hasil diskusinya
 guru menjelaskan materi dengan mengacu pada hasil diskusi siswa
14) Kemudian diminta mengamati dan membandingkan tentang tekstur benda-benda tersebut. Semua siswa diminta mencatat dan melaporkan hasil diskusinya.
15) Guru menugaskan individu untuk membuat kliping yang berisi gambar-gambar yang terbuat dari tanah liat dan logam (BI, PKn, IPS, MAT, IPA, SENI-BUD).
16) Memberi tugas pada siswa untuk mengarang tentang kebiasaan hidup hemat yang telah dilakukannya (hemat uang, hemat energi, hemat mainan, dsb).
17) Menugaskan beberapa siswa untuk menceritakan/membacakan hasil karangannya di depan kelas (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
18) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi “Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3. Kegiatan Akhir/Penutup
 Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
 Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
 Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
 Lingkungan keluarga dan sekolah.
 Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
 Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V. PENILAIAN
 Penilaian Lisan (dalam proses).
 Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
 Penilaian Produk.
 Penilaian Portofolio.
 Penilaian Tertulis Obyektif.
 Penilaian Tertulis Subyektif.
 Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).


Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2




RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

Pertemuan 9, 10, 11, dan 12

TEMA : HIDUP HEMAT
KELAS /SEMESTER : 2 (dua)/ 1 (satu)
WAKTU : 4 kali pertemuan @ 5 JP/hari (4 hari)
I. KOMPETENSI DASAR
 Mengenal pentingnya hidup hemat (PKn).
 Memelihara koleksi benda berharga miliknya (IPS).
 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat (Mat).
 Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (BI).
 Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
 Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
 Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
 Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair) (IPA).
 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.
 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif (Se-Bud & Ketarampilan).
 Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
 Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.


II. INDIKATOR
 Menyebutkan pentingnya hidup hemat (PKn).
 Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
 Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
 Menceritakan pengalaman hidup hemat.
 Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat (IPS).
 Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
 Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan (BI).
 Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
 Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
 Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
 Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
 Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
 Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.
 Membilang secara urut (Mat).
 Menyebutkan banyak benda.
 Menulis lambang bilangan dengan benar.
 Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga (IPA).
 Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
 Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
 Bekerjasama dengan teman.
 Memberi tanggapan secara santun.
 Mengungkapkan gagasan secara lisan.
 Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
 Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan (Se-Bud & Keterampilan).
 Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
 Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
 Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.


III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
 Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
 Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bung Bing Bang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan).
 Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Hidup Hemat).

2. Kegiatan Inti
1) Mengajak semua siswa mengamati tulisan dalam kotak di halaman 11 bertanya jawab mana yang termasuk benda padat dan mana yang termasuk benda cair. Setelah itu semua siswa ditugaskan untuk menuliskan di dalam kolom secara mandiri.
2) Dilanjutkan dengan bercerita, diawali oleh guru yang menceritakan bahwa tabungan tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi segala benda bisa ditabung (sawah, rumah, baju, kain dan sebagainya) kemudian meminta siswa (yang berani) untuk maju ke depan kelas dan menceritakan apakah bentuk tabungan yang dimiliki.
3) Siswa dikelompokkan dengan teman sebangkunya.
4) Siswa diminta untuk mengamati gambar pada halaman 13. Siswa diminta untuk menyebutkan angka/bilangan yang tersembunyi di balik gambar. Dan menulisnya di buku:
 gambar apel = nomor 105
 gambar jeruk = nomor .......
 gambar pisang = nomor .......
 gambar pepaya = nomor .......
 gambar mangga = nomor .......
 gambar jambu = nomor .......
 gambar anggur = nomor .......
 gambar jambu air = nomor .......
 gambar sirsat = nomor .......
5) Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal hitungan pada halaman14, mengenal bilangan sampai 500:
 membaca dan menulis lambang bilangan
 menulis bilangan dalam bentuk panjang
 mengenal nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
6) Siswa diminta mencari pasangan. Kemudian siswa diajak bermain injak balon (seperti halaman 18). Kelompok yang berhasil memecahkan balon terlebih dahulu adalah yang menangm
7) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 19) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut.

3. Kegiatan Akhir/Penutup
 Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
 Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
 Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran.


IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
 Gambar-gambar tentang benda-benda yang harus dihemat (uang, listrik, baju, alat tulis, mainan, dsb).
 Lingkungan keluarga dan sekolah.
 Buku teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama).
 Kurikulum mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan Agama).


V. PENILAIAN
 Penilaian Lisan (dalam proses).
 Penilaian Tingkah laku (Pengamatan).
 Penilaian Produk.
 Penilaian Portofolio.
 Penilaian Tertulis Obyektif.
 Penilaian Tertulis Subyektif.
 Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses).


Mengetahui,


Kepala Sekolah Guru Kelas 2



Petunjuk Cara Bermain:
Siapkan balon warna-warni sejumlah dua kali banyak siswa di kelas. Isilah balon dengan air, kemudian ditiup. Ikatkan balon pada kaki masing-masing siswa. Setiap siswa mendapat dua balon (BI, PKn, IPS, Mat, IPA, Seni-budaya, Orjas).
• Bagi kelas dalam beberapa pasang.
• Setiap pasang berdiri saling membelakangi.
• Siswa harus menginjak balon pasangannya hingga pecah.
• Siswa yang lebih dulu memecahkan balon menjadi pemenangnya.
• Siswa yang balonnya tidak pecah berpasangan dengan siswa lain yang juga masih memiliki balon.
• Demikian seterusnya hingga tinggal seorang siswa yang masih memiliki balon.
• Guru meminta siswa yang menang untuk menceritakan usaha yang dilakukannya hingga bisa menang. Kemudian guru juga meminta siswa yang kalah untuk bercerita mengapa kalah.
• Ajaklah siswa bersama-sama membaca teks Budi Pekerti pada halaman 16.
• Ajaklah siswa untuk melakukan kebiasaan hidup hemat baik di rumah, sekolah maupun di tempat umum. (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).
• Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal pada halaman 16 (Ayo belajar).
• Melakukan penilaian dan membahas bersama-sama dengan cara menukarkan jawaban antar siswa (BI, PKn, IPS, MAT, IPA).


Catatan:
Pencapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
 menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang.
 semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur pencapaian indikator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar